Teknokrad – Dewasa ini perkembangan teknologi sudah semakin mempengaruhi banyak aspek. Kemudahan tersedia sangat lebar bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan apapun.
Adanya cara membuat tanda tangan di WPS Office menjadi salah satu bukti kemudahan tersebut untuk pekerjaan di era globalisasi.
Cara Membuat Tanda Tangan di WPS Office melalui Berbagai Gawai yang Mudah
Pada dasarnya seseorang akan sangat membutuhkan signature untuk sebuah dokumen digital dalam memenuhi kebutuhan pekerjaan di era globalisasi sekarang ini.
Tidak hanya melalui PC dan komputer saja, tetapi cara tanda tangan di WPS Office melalui HP juga bisa dilakukan dan berikut langkahnya:
1. Langkah Cara Membuat Tanda Tangan di WPS Office melalui Smartphone
Sesuai dengan namanya, HP yang tergolong dalam smartphone mempunyai kepandaian karena bisa melakukan berbagai macam keperluan termasuk dokumen digital.
Hal tersebut menegaskan cara membuat tanda tangan di WPS Office Android berikut dapat membantu pengguna ponsel pintar.
- Unduh aplikasi WPS Office
- Buka unduhan aplikasinya
- Buat dokumen baru
- Klik icon tambah (+)
- Pilih dokumen lalu kosong
- Klik icon Tools
- Pilih sisipkan
- Lalu pilih tanda tangan
- Selanjutnya buat tanda tangan
- Halaman baru akan muncul
- Goreskan sesuai tanda tanganmu
- Hasilnya otomatis masuk ke halaman kerja
- Sesuaikan ukuran yang diinginkan
- Klik ikon centang (√)
- Selesai
Jika Anda menggunakan gawai seperti iPad atau Tablet akan lebih mudah karena proses pembuatan tanda tangannya menggunakan pena digital, sehingga hasilnya pas.
Namun hanya dengan cara membuat tanda tangan di WPS Office HP sudah cukup pas untuk dokumen-dokumen digital sejenisnya.
Tetap berhati-hati dalam melakukan proses pengerjaan, jangan sampai dokumen sobat yang sudah rampung tiba-tiba hilang tak berbekas, karena cara mengembalikan file yang belum tersimpan di WPS Office juga gampang-gampang susah.
2. Langkah Cara Membuat Tanda Tangan di WPS Office melalui PC atau Laptop
Keberadaan signature untuk sebuah dokumen sangat penting, karena sebagai ciri bahwa dokumennya tersebut bersifat resmi atau formal.
Baca Juga: Cara Membuat CV di WPS Office
Cara membuat tanda tangan di WPS Office melalui laptop dapat digunakan dalam memenuhi pembuatan surat penting di era globalisasi dan berikut langkahnya.
- Nyalakan PC atau Laptop
- Aktifkan aplikasi WPS Office
- Pilih buat dokumen baru
- Bisa juga pilih dokumen yang ada
- Klik sisipkan lalu tanda tangan baru
- Pilih Handwrite
- Goreskan pada pad laptop
- Untuk PC menggunakan mouse
- Klik OK
- Aturlah letak atau posisinya
- Selesai
Sebenarnya tidak ada perbedaan cara membuat tanda tangan di WPS Office melalui laptop atau PC dengan HP.
Letak perbedaannya hanya pada alat yang digunakan saja serta proses menggoreskan pembuatannya. Pengaturan dan hasilnya tetap akan sama karena penggunaan aplikasinya pun sama.
3. Cara Membuat Tanda Tangan di WPS Office dengan File PDF
Tutorial langkah ketiga ini adalah cara membuat tanda tangan digital di WPS Office dalam versi format PDF.
Biasanya dokumen yang digunakan berupa word karena akan dilakukan pengecekan atau editing surat juga dokumen pentingnya. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana membuatnya dalam versi PDF-nya.
- Buka aplikasi WPS Office
- Pilih Menu Pengelola File
- Lalu pilih PDF dan cari filenya
- Akan terbuka tampilan dokumennya
- Pilih tombol Edit
- Selanjutnya klik icon Alat/Tool
- Pilih Anotasi
- Lalu Tanda Tangan PDF
- Klik icon tambah (+)
- Akan muncul 3 pilihan
- Pilih opsi Buat Tanda Tangan
- Kemudian akan muncul halaman kosong
- Mulai goreskan tanda tangan
- Bisa diatur ketebalan garisnya
- Pilih tombol selesai
- Klik icon tanda (+)
- Atur penambahan waktu
- Pilih tombol Save
- Selesai
Note: Biasanya beberapa orang akan menggunakan cara ttd di WPS Office menggunakan scanner, tidak murni dilakukan secara langsung.
Oleh sebab itu dengan adanya langkah di atas diharapkan bisa mempermudah masyarakat menyelesaikan pekerjaan dengan dokumen dan surat-surat resmi.
Beberapa Tips Menggunakan Cara Membuat Tanda Tangan di WPS Office yang Baik
Melihat kegunaan tanda tangan di WPS Office untuk melengkapi sebuah surat dan dokumen resmi atau formal, tentunya diharuskan membuatnya secara baik.
Meskipun masuknya sebagai signature digital, namun tetap saja harus memenuhi pembuatan yang benar dan berikut beberaa tips membuatnya.
Tetap Mengutamakan Kemiripan dengan Tanda Tangan Asli
Terkadang ketika seseorang memutuskan untuk menggunakan cara membuat tanda tangan di WPS Office PC, memiliki kekurangan sedikit berbeda dengan aslinya.
Oleh sebab itu tips pertamanya adalah Anda harus tetap mengutamakan kemiripannya, jika tak ingin ada masalah sedikit pun.
Adanya perbedaan tersebut bisa mengakibatkan dokumen atau surat resmi menjadi diragukan keasliannya. Untuk mengantisipasinya, cara membuat tanda tangan di WPS Office ini harus dilakukan secara baik dan benar. Meskipun menggunakan pena dan menggoreskan secara digital poin tersebut diusahakan tetap diperhatikan.
Jangan Ragu-ragu ketika Proses Menggoreskan Tanda Tangan
Menggunakan cara tanda tangan di WPS Office HP, laptop atau PC tangan Anda secara tidak langsung harus menggoreskan tinta digital untuk menghasilkan signature sesuai aslinya.
Jika ada keraguan setiap akan proses mencoretkannya tentu akan mempengaruhi hasil akhir dari signaturenya tersebut.
Bisa dibilang menggunakan cara buat tanda tangan di WPS Office sama dengan ketika Anda menorehkan pena saat membuat Surat Izin Mengemudi.
Bedanya mereka menyediakan pena digital seperti milik iPad atau tablet, anggap saja caranya tidak berbeda sehingga tidak perlu ragu mencoretnya.
Tetap Perhatikan Jarak dan Spasi setiap Huruf Tanda Tangan
Biasanya seseorang ketika membuat tanda tangannya akan menggunakan nama depannya atau panggilan.
Sedangkan peraturan membuatnya adalah memperhatikan jarak dan spasi. Begitu juga ketika Anda menggunakan cara membuat ttd di WPS juga harus tetap memperhatikan kedua komponen itu.
Meskipun tidak terlalu rapi dan terkadang terlihat jauh berbeda, setidaknya jika jarak dan spasinya sama, keakuratannya bisa sedikit terlihat.
Tetapi tenang saja karena cara buat tanda tangan di WPS bisa diperbaiki ketika terjadi kesalahan berbeda dengan ketika Anda menggunakan pena langsung di kertas.
Kelebihan Membuat Tanda Tangan di WPS Office
Salah satu alasan seseorang membuat tanda tangan di WPS adalah untuk menghasilkan signature untuk dokumen dan surat resmi digitalnya.
Meskipun sudah banyak yang memanfaatkannya tetapi sepertinya beberapa diantara mereka masih belum mengetahui benar kelebihannya. Berikut sedikit penjelasannya.
Memberikan Kemudahan dalam Menyempurnakan Dokumen Resmi
Sudah sempat dijelaskan sebelumnya, bahwa dengan cara membuat ttd di WPS office bisa mempermudah masyarakat ketika akan menyempurnakan dokumen atau surat-surat resminya.
Oleh sebab itu juga, saat ini sudah banyak penggunanya karena memang lebih mudah serta cepat.
Sebelum adanya fitur tersebut, seseorang yang akan menambahkan tanda tangannya harus dua kali kerja.
Mereka membuat signature dikertas kosong lalu menggunakan scanner dan dimasukkan ke dalam file atau data dokumen pentingnya. Dengan inovasi ini, tentunya hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi.
Mempersingkat Waktu dalam Melakukan Pekerjaan
Membuat sebuah surat dan dokumen adalah salah satu bagian dari pekerjaan, oleh sebab itu sebaiknya dilakukan secara cepat agar kinerjanya dinilai lebih baik.
Dengan menggunakan cara menambahkan tanda tangan di WPS Office terbukti memudahkan serta menyingkat waktu Anda.
Seperti dikatakan pada poin pertama, sebelum adanya metode ini masyarakat harus melakukan dua kali kerja untuk membubuhkan tanda tangan.
Namun sekarang bahkan hanya dengan melalui HP atau gawai lainnya sudah bisa melakukannya tanpa membuang banyak waktu dan tenaga.
Pada dasarnya dengan menggunakan cara membuat tanda tangan di WPS Office memang sudah terbukti memudahkan semua pekerjaan terutama dalam pembuatan dokumen.
Oleh sebab itu langkah-langkah di atas diharapkan bisa membantu lebih masyarakat agar mengerti kegunaannya.