4 Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email di HP Tanpa Ribet

Teknokrad – Email atau surat elektronik menjadi salah satu teknologi modern yang memudahkan banyak urusan surat menyurat.

Bahkan sekarang untuk membuat sebuah lamaran kerja seseorang bisa melakukannya lewat email dari ponsel saja. Tentu saja untuk melakukannya Anda mengetahui cara membuat lamaran kerja lewat email di HP.

Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email di HP

cara membuat lamaran kerja lewat email di HP

Ketika ingin membuat surat lamaran pekerjaan via email, tentunya Anda harus melalui beberapa tahapan atau langkah demi langkah.

Membuat lamaran kerja dari email melalui HP ini sebenarnya mudah akan tetapi seseorang harus ikuti langkahnya dengan benar. Berikut adalah cara membuat lamaran kerja lewat email di HP dengan cepat dan mudah.

  • Pertama buka aplikasi Email di Ponsel Anda
  • Paling umum menggunakan Gmail
  • Masuklah menggunakan akun masing masing
  • Jika sudah, silahkan klik tombol tulis
  • Isi tujuan pengiriman ke alamat email yang benar
  • Selanjutnya isikan subjek dengan Surat Lamaran Kerja
  • Pada form dengan ukuran besar tuliskan lamaran kerja Anda
cara membuat lamaran kerja lewat email di HP terbaru
  • Pastikan menulisnya dengan benar dan tepat
  • Maka, Proses membuat lamaran kerja pun selesai

Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Lamaran kerja Lewat Email di HP

cara membuat lamaran kerja lewat email di HP

Setelah Anda mengetahui cara membuat lamaran kerja di HP dengan menggunakan email, langkah berikutnya adalah memastikan semua hal sudah terpenuhi sebelum mengirimnya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Email Seseorang dari Nomor HP

Tentu saja setelah berhasil membuat suratnya harus mengirimnya. Berikut beberapa hal penting harus seseorang perhatikan ketika membuat lamaran kerja di HP lewat Email.

1. Membuat CV lamaran Kerjanya

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat CV atau daftar riwayat hidup.

Curriculum Vitae ini sangat penting dan harus berdampingan ketika mengirimkan lamaran kerja lewat HP di media email. Biasanya para HRD perusahaan akan mengecek CV dari para pelamar ini.

CV atau curriculum vitae ini sendiri berisikan mengenai perjalanan pendidikan dan pekerjaan Anda. Tahun berapa lulus pendidikannya sampai dengan pengalaman pada saat bekerja.

Maka dari itu penting untuk memahami hal ini sebelum melamar lewat email.

2. Menyiapkan Berkas Pendukung Lainnya

Selain mengetahui cara membuat lamaran kerja lewat email di HP, tahapan ini juga sangat penting untuk Anda penuhi.

Ketika melihat lamaran pekerjaan tentunya ada beberapa syarat dari perusahaan yang harus pelamar penuhi.

Artikel Lainnya: Cara Melihat Arsip di Gmail di HP

Biasanya ini seputar data diri seseorang, berikut berkas pendukung umum yang harus para pelamar kerja penuhi.

  • Pas foto
  • Scan Kartu Tanda Penduduk
  • Scan Ijazah Paling Baru
  • Scan Sertifikat Seputar Pekerjaan
  • Scan SKCK
  • Scan Surat Keterangan Sehat
  • Portofolio jika Ada

3. Format Berkas yang Harus Diperhatikan

cara membuat lamaran kerja lewat email di HP

Sebelum Anda membuka Email untuk mengirimkan berkas berkas tadi, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal penting.

Usahakan semua format dalam bentuk yang sesuai dengan permintaan perusahaan. Berikut format berkas umum pengiriman lewat email.

  • Format berkas semua nya bertipe PDF
  • Ukuran biasanya tidak boleh dari 1MB
  • Penulisan harus rapi dan jelas
  • Pastikan melengkapi semua permintaan dari perusahaan

4. Pastikan Alamat Email Profesional

Memperhatikan alamat email ini cukup krusial. Ketika ingin mengirimkan lamaran pekerjaan lewat email dari HP pastikan alamat sudah benar.

Selain benar Anda juga harus menggunakan alamat profesional, dengan kata lain jangan menggunakan alamat email yang mengandung unsur bercanda atau tidak serius.

Misalnya Anda memiliki alamat email bernama teknokrad-gg-banget@gmail.com. Apabila seperti ini kemungkinan pihak perusahaan akan mengabaikannya.

Usahakan menggunakan alamat email yang terlihat profesional misalnya teknokrad@gmail.com, begitu saja sudah cukup.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email dari HP dengan Benar

cara membuat lamaran kerja lewat email di HP

Setelah mengetahui cara membuat lamaran kerja dan memahami hal hal penting ketika ingin mengirimkannya, tentu saja langkah selanjutnya adalah mempelajari cara mengirimkan emailnya.

Mengetahui hal ini sangat lah penting agar tidak salah kirim, berikut langkah langkahnya.

1. Membuka Email dan Mengisi Subjeknya

Apabila Anda menggunakan ponsel tentunya harus menginstall terlebih dahulu aplikasi emailnya. Umumnya orang menggunakan Gmail sebagai alat surat elektronik.

Selain mempelajari cara membuat lamaran kerja lewat email di HP, mengetahui hal ini juga penting. Jika aplikasi sudah siap maka untuk mengirimkan lamaran kerja di HP berikut langkah langkahnya.

  • Pertama buka ponsel Anda
  • Kemudian klik aplikasi Gmail
  • Login menggunakan akun Google masing masing
  • Pada halaman beranda klik tombol Compose
  • Atau bisa juga menekan tombol Tulis jika berbahasa Indonesia
  • Silahkan menuliskan lamaran kerja Anda
  • Maka surat pun sudah siap

2. Mengisi Subjek dan Penerima Email

Setelah surat lamaran kerja sudah Anda tulis dengan baik di emailnya, langkah berikutnya adalah mengirimkannya.

Untuk mengirimkan lamaran kerja ini tentunya pengguna harus mengisikan alamat penerima surat dan subjek atau judul dari surat elektronik ini. Untuk langkah pengiriman lamaran kerjanya sebagai berikut.

  • Perhatikan kolom penerima pada aplikasi Gmail
  • Isikan dengan alamat email penerimanya dengan benar
  • Kemudian di kolom subjek isikan nama, posisi, dan surat lamaran
  • Contohnya nazla_desaingrafis_surat_lamaran_kerja (tanpa spasi)
  • Apabila sudah biarkan saja dulu, berikutnya upload dokumen

3. Mengupload File, Mengecek, dan Mengirimkan

Setelah semua sudah siap dan sudah paham betul bagaimana cara membuat lamaran kerja lewat email di HP, tahapan selanjutnya adalah mengupload file pendukung.

Seperti pembahasan pada poin sebelumnya dokumen pendukung ini sangat penting, Berikut adalah cara mengupload file dan mengirimkan lamaran kerjanya.

  • Pada form pengiriman ada simbol file
  • Tekan simbol tersebut untuk mengupload file
  • Upload berkas pendukungnya tunggu sampai proses selesai
  • Apabila sudah maka file sudah terupload
  • Kemudian cek kembali apakah semua sudah benar
  • Jika sudah benar, berikutnya silahkan tekan tomboll Kirim
  • Maka proses pengiriman akan berlangsung
  • Apabila berhasil, akan ada notifikasi Pesan Terkirim
  • Proses pun selesai

Beberapa Aplikasi untuk Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Mudah

cara membuat lamaran kerja lewat email di HP

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat lamaran kerja lewat email dari HP, Anda juga harus tahu beberapa aplikasi pendukungnya.

Salah satu syarat agar lamaran kerja lewat email bisa berjalan dengan baik adalah menyiapkan surat lamaran kerja. Sebelum membuka email, buatlah surat lamaran kerja dengan bantuan beberapa aplikasi berikut.

1. Microsoft Word

Hampir semua orang tentunya sudah mengenal aplikasi ini dengan baik. Perangkat lunak buatan microsoft ini sekarang hadir juga versi Androidnya sehingga bisa Anda gunakan untuk mengetik dan membuat surat lamaran kerja dari Word versi mobile.

Menariknya lagi versi mobile dari microsoft Word ini punya tata letak menu lebih friendly atau ramah pengguna.

Jadi, pengguna tidak akan kebingungan ketika membuat surat lamaran kerja menggunakan aplikasi menarik satu ini. Membuat surat lewat aplikasi ini sangat penting sebelum mempraktekan cara membuat lamaran kerja lewat email di HP tadi.

2. Melalui Aplikasi Website

Sekarang juga hadir beberapa aplikasi berbasis website yang dapat Anda gunakan untuk membuat surat lamaran kerja sebelum mengirimkannya lewat email di HP.

Sebut saja seperti Resume.com yang menawarkan berbagai fitur menarik untuk membuat surat Lamaran kerja.

Bahkan melalui Resume,com ini, Anda dapat menciptakan surat lamaran kerja beserta dengan Cvnya sekaligus.

Tentunya surat lamaran akan terlihat lebih profesional sehingga dapat menarik perhatian para HRD dari perusahaan untuk tertarik melihat lamaran kerannya.

3. Melalui Aplikasi Canva

Canva sekarang menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan desain grafis. Dengan menggunakan aplikasi ini seseorang dapat menciptakan berbagai template surat menyurat, pamflet, bahkan spanduk. Menariknya bisa Anda gunakan juga untuk membuat CV dengan desain menarik.

Selain menggunakannya untuk pembuatan Curriculum Vitae, Anda juga tentunya dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat surat lamaran pekerjaan sehingga terlihat lebih estetik. Hal ini sangat penting untuk menarik perhatian para HRD dari perusahaan.

4. Melalui Aplikasi EnhanCV

Aplikasi menarik selanjutnya bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan surat lamaran kerja dengan tampilan memukau adalah EnhanCV.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah tersedianya banyak template CV serta surat lamaran kerja untuk para pelamar.

Hanya dengan mengklik kliknya saja, Anda sudah bisa menciptakan surat lamaran kerja yang menarik dan cepat.

Ini tentunya akan mengefisiensikan waktu pengiriman serta pembuatan lamaran kerja sebelum membuka email untuk mengirimkannya.

Demikian informasi mengenai cara membuat lamaran kerja lewat email di HP dengan cepat dan mudah.

Dengan mengetahui cara pembuatan ini, tentunya Anda bisa lebih mudah ketika ingin mengirimkan lamaran pekerjaan. Hanya dengan modal ponsel atau HP saja, surat lamaran pekerjaan bisa terkirim ke perusahaan tujuan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Share via
Copy link